Begini cara pengurusan sertifikat tanah agar terhindar dari sengketa

Peraktik percaloan untuk pengurusan sertifikat tanah seharusnya sudah bersih namun tampak masih saja kita temukan dibeberapa tempat, besaran untuk biaya yang dibebankan-pun tidak sedikit bahkan melampaui jutaan rupiah. Hal ini biasanya biasa karena beberapa faktor seperti ketidaktahuan dan tidak ingin repot untuk mengurus sendiri. Disisi lain sengketa atas kepemilikan lahan tampaknya tak kunjung berakhir masing masing yang bersengketa mengklaim memiliki hak atas lahan yang disengketakan tersebut.

Untuk menghindari yang kesemuanya diatas sebaik mungkin mengurus sertifikat tanah ke badan pertanahan (BPN), biaya pengurusan sertifikat tanah tidak begitu tinggi hanya 50.000 sesuai dengan peraturan pemerintah (PP) no.128 tahun 2015 tentang penerimaan negara non pajak.

sertifikat tanah
contoh sertifikat tanah yang dikeluarkan pihak BPN

Langkah dalam mengurus sertifikat tanah

  1. Siapkan dokumen peribadi yang dibutuhkan seperti KTP pemilik tanah, akte nika (bila ada), kartu keluarga dan NPWP.
  2. Bukti pelunasan PBB
  3. Lembar IMB/izin mendirikan bangun
  4. Surat keterangan dari kelurahan bahwa tanah tersebut tidak dalam sengketa
  5. Surat keterangan kepemilikan tanah seperti girik maupun sejenisnya

Bila semua persyaratan diatas sudah terpenuhi silahkan mendatangi badan pertahanan setempat dan silahkan mendaftar terlebih dahulu.

Setelah pendaftaran diterima berkas anda akan diperiksa dari segi kelengkapannya, pihak BPN setempat akan meninjau kembali tentang kebenaran dilapangan seperti melakukan pengukuran tanah, selanjutnya pihak BPN akan menerbitkan gambar serta surat ukur tanah untuk disahkan. NB: untuk mengetahui seputar usaha sampingan silahkan klik link tersebut

Berikutnya pihak BPN akan mengumumkan ihwal kepemilikan tanah dikantor badan pertanahan setempat dan dikelurahan setempat, bila ada pihak yang keberatan tentang hal itu akan diurus oleh pihak BPN.

Sertifikat kepemilikan tanah yang baru akan diterbitkan bilamana tidak yang keberatan dan semua persyaratan telah terpenuhi, umumnya preses penerbitan ini membutuhkan waktu kurang lebih 1-2 bln tergantung kondisi dilapangan.

NB: sertifikat tanah amatlah penting karena surat kepemilikan tanah lebih kuat dimata hukum bila dibandingkan seperti girik dan surat jual beli tanah.

Apabila surat kepemilikan anda sudah terbit masih ada yang mengklaim tanah tersebut tanahnya anda cukup menunjukkan sertifikat tanah tersebut, mau kepengadilan mana saja ia menuntut anda sudah dipastikan kamulah pemilik tanah yang sesunggunya. Artinya anda sudah aman dari segala bentuk gugatan pemilikan tanah. NB tips dalam ber investasi tanah.

Sekian semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s