Peran Dan Fungsi Lembaga Keuangan bukan bank (LKBB) & contohnya

 

lkbbPada umumnya, Instansi Keuangan Bukanlah Bank (LKBB) yaitu instansi keuangan yang dalam kegiatannya tidak bisa mengumpulkan serta menyalurkan dana orang-orang seperti yang dikerjakan oleh bank. LKBB cuma lakukan aktivitas di bagian layanan keuangan, umpamanya layanan asuransi, dana pensiun, pasar modal, serta pembiayaan.

Dengan cara spesial, Instansi keuangan bukanlah bank yaitu semuanya tubuh yang lakukan aktivitas di bagian keuangan yang segera atau tak segera mengumpulkan dana, terlebih dgn keluarkan kertas bernilai serta menyalurkan pada orang-orang terlebih untuk membiayai investasi perusahaan.

Instansi keuangan bukanlah bank tak bisa terima dana dari orang-orang berbentuk giro, tabungan, serta deposito berdasar pada kebijakan Pakto 27 Th. 1998, LKBB bisa menerbitkan sertifikat deposito sebagai sumber dana serta bisa membangun kantor-kantor cabang di daerah.

Berdasar pada Undang-Undang No. 7 Th. 1992 serta Ketentuan Pemerintah No. 70 Th. 1992, diputuskan kalau semuanya LKBB diwajibkan sesuaikan aktivitas usahanya jadi bank umum dgn penuhi semuanya ketetapan serta kriteria untuk jadi bank umum. Jadi LKBB sekarang ini pada intinya mencakup semuanya instansi keuangan yang aktivitas pokoknya memberi bebrapa layanan keuangan serta menarik dana dari orang-orang otomatis.

Instansi keuangan bukanlah bank mulai tumbuh mulai sejak th. 1972 serta mempunyai tujuan untuk mendorong pengembangan pasar modal dan menolong permodalan perusahaan-perusahaan lemah. Untuk meraih maksud itu, pemerintah berikan ijin instansi untuk :

  • Mengumpulkan dana dari orang-orang dgn langkah keluarkan surat berharga
  • Memberi credit periode menengah pada perusahaan atau proyek yang dipunyai pemerintah atau swasta
  • Mengadakan penyertaan modal dalam perusahaan-perusahaan
  • Melakukan tindakan sebagai penghubung untuk perusahaan untuk memperoleh sumber modal baik dari dalam ataupun luar negeri
  • Jadi penghubung dalam memperoleh tenaga pakar

Jenis Lembaga keuangan LKBB

Di bawah ini yaitu beberapa macam instansi keuangan bukanlah bank yang butuh kita kenali :

a. Koperasi taruh pinjam yaitu instansi keuangan bukanlah bank yang berupa koperasi yang usahanya di bagian perkreditan, yakni terima simpanan duit serta meminjamkan modal pada anggota. Koperasi taruh pinjam mempunyai manfaat seperti berikut :
• Sebagai pendorong aktivitas menabung atau menaruh duit di kelompok anggota
• Sebagai pendorong yang melayani anggota yang memerlukan pinjaman
• Sebagai pembimbing anggota supaya memakai duit utang untuk aktivitas yang produktif.

b. Perum Pegadaian yaitu instansi keuangan bukanlah bank berbentuk perusahaan punya pemerintah yang usahanya melayani kebutuhan umum yang memerlukan utang duit dalam modal kecil dgn tanggungan (jaminan) berbentuk barang bergerak umpamanya radio, TV, Sepeda, Sepeda motor, dann lain-lain. Nasabah harus melunasi semuanya utang termasuk juga bunganya sebelumnya batas saat utang selesai. Sesudah lunas, barang yang jadikan jaminan bakal dikembalikan. Jika hingga batas saat yang sudah ditetapkan nasabah tak membayar utang serta bunganya, jadi barang jaminan bakal dilelang.

Manfaat pegadaian yaitu sebagai instansi pemberi credit pada rakyat dalam jumlah kecil dgn peroleh imbalan berbentuk bunga serta peminjam mesti kembalikan barang sebagai jaminan.

c. Perusahaan asuransi yaitu perusahaan yang berikan jaminan atau pertanggungan pada nasabah yang alami kerugian sesuai sama surat kesepakatan (polis), jika berlangsung satu momen yang menyebabkan kerugian, umpamanya kebakaran, kecelakaan, wafat dunia, dan sebagainya. Duit pertanggungan yang dibayarkan nasabah diberi nama premi. Contoh perusahaan asuransi yaitu Perusahaan Astek, P. T. Asuransi Jiwa Sraya, dan sebagainya.

d. Dana pensiun didapat lewat pemotongan upah pegawai tiap-tiap bln. sepanjang seorang masihlah aktif bekerja, dana itu bakal dibayarkan kembali bila pegawai yang berkaitan telah pensiun. Dgn ada instansi yang mengelola dana pensiun itu, jadi pegawai yang telah tak aktif lagi lantaran sudah meraih umur spesifik dapat penuhi keperluan duit dari dana pensiun. Perusahaan yang mengelola dana pensiun yaitu P. T. Taspen (Tabungan Asuransi Pensiunan)
Peran serta manfaat instansi keuangan bukanlah bank

Peran instansi keuangan bukanlah bank atau LKBB sesuai sama dgn type usaha yang dikerjakannya adalah turut dan meningkatkan perekonomian berasaskan demokrasi ekonomi untuk mendukung pembangunan nasional lewat usaha penghimpunan serta penyediaan dana untuk pembiayaan investasi perusahaan, mengkonsumsi orang-orang umum, ataupun resiko pihak spesifik.

Manfaat paling utama instansi keuangan bukanlah bank (LKBB) yaitu sebagai peghimpun serta penyalur dana orang-orang. Proses manfaat mengumpulkan serta menyalurkan dana itu bergantung pada type usaha pembiayaan yang digerakkannya.
Fungsi Lembaga keuangan bukanl bank

Kehadiran Instansi Keuangan Bukanlah Bank (LKBB) pastinya sudah memberi faedah untuk orang-orang. Faedah-manfaat itu dapat dirasa dari beberapa produk yang ditawarkannya, seperti berikut :
Pegadaian memberi faedah untuk orang-orang yang membutuhkan dana
Perusahaan memberi faedah jaminannrisiko yang mungkin saja berlangsung sesuai sama dgn layanan yang ditawarkan
Instansi dana pensiun memberi kesejahteraan pada karyawan perusahaan terlebih yang sudah pensiun
Instansi pembiayaan memberi utang pada orang-orang dalam soal pendanaan aktivitas konsumsinya.
Koperasi memberi faedah pada beberapa anggota dalam soal kebersamaan serta sisa hasil usaha.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s