Anda Bingung Memilih Antara Asuransi Dengan Investasi?

Banyak masyarakat yang berlomba-lomba mencari berbagai produk keuangan untuk memberikan jaminan keamanan di masa yang akan akan datang . Namun , ada 2 produk yang paling diminati yaitu produk seperti asuransi dan investasi. Kedua produk tersebut saat ini merupakan hal wajib yang harus dimiliki oleh semua orang . Fungsi dari asuransi yaitu agar mendapat perlindungan terhadap seseorang atau keluarganya dalam hal finansial dari resiko yang akan datang dengan tiba-tiba atau tanpa diduga sebelumnya .

Sedangkan fungsi dari investasi yaitu untuk memenuhi kebutuhan di masa yang akan datang supaya daya beli yang dimiliki oleh seseorang tidak habis begitu saja oleh inflasi . Kedua produk keuangan tersebut memang merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki . Satu hal yang sering diperdebatkan yaitu jika  jumlah harta yang Anda miliki sangat terbatas dan tidak dapat mempunyai kedua produk tersebut. Manakah yang akan anda dahulukan dulu, Asuransi atau investasi terlebih dahulu . Banyak yang beranggapan bahwa kedua hal tersebut mempunyai banyak kesamaan dan yang harus dilakukan hanyalah memilih salah satu diantara keduanya. Namun anggapan tersebut sangat salah.

investasi

Membeli asuransi tidak dapat menambah atau melipatgandakan uang yang Anda punya . Namun yang sangat disayangkan adalah masih banyak orang yang beranggapan seperti itu . Asuransi tidak mempunyai konsep pengembangan uang seperti layaknya berinvestasi. Konsep dari asuransi yaitu lebih bertujuan untuk mengantisipasi resiko dari datangnya hal-hal yang tidak diingkan di luar dugaan misalnya saja sakit atau kecelakaan. Dengan terjadinya hal-hal seperti itu, maka Anda baru sadar bisa mendapatkan sejumlah uang sebagai bentuk pertanggungan yang Anda peroleh .

Lihat juga artikel lainnya :TIPS AGAR TETAP BERINVESTASI DENGAN KEUANGAN YANG MENIPIS

Uang tanggungan tersebut Anda dapatkan sebab Anda sudah membayar premi asuransi dengan teratur sebelumnya. Namun juka tidak terjadi hal-hal di luar dugaan seperti yang sudah disebutkan, maka premi yang sudah Anda bayar tersebut akan hangus atau menjadi milik perusahaan asuransi . Pada umumnya asuransi untuk perorangan bisa dibagi menjadi asuransi jiwa asuransi kecelakaan, asuransi penyakit kritis dan juga  asuransi kesehatan. Masing-masing produk asuransi tersebut mempunyai manfaat yang tidak sama .  Jadi , manakah yang seharusnya menjadi prioritas bila dana yang anda miliki sangat terbatas ? .

Bagi Anda yang bekerja sebagai seorang karyawan di sebuah perusahaan , sebenarnya tanpa anda sadari Anda sudah mendapatkan manfaat asuransi.  Namun jika dananya memang sangat terbatas, yang sebaiknya anda pilih adalah asuransi. Anda harus memprioritaskan asuransi daripada investasi sebab bila terjadi resiko seperti kecelakaan, investasi yang baru dijalankan tidak akan dapat banyak membantu.

Hal tersebut disebabkan karena nilai investasi yang cenderung masih kecil dan belum bisa untuk  memenuhi kebutuhan finansial Anda beserta keluarga. Dengan berjalannya waktu, ketika keadaan finansial Anda sudah mengalami peningkatan nantinya baru Anda dapat memulai melakukan investasi. Hal tersebut bisa dijalankan sesuai dengan keadaan secara nyata . Jika Anda memiliki badan dan pikiran yang sehat, Anda pasti dapat mencari cara untuk meningkatkan hasil pendapatan . Berikut ini akan saya sampaikan  beberapa langkah dalam memilih asuransi untuk Anda ;

  1. Pilihlah produk asuransi pada perusahaan asuransi yang sudah diakui dan mempunyai kredibilitas yang baik. Agar lebih mudah, Anda bisa melakukan pencarian di internet tentang berbagai perusahaan asuransi terbaik.
  2. Gunakan waktu Anda sebaik-baiknya untuk memilih produk asuransi dan jangan tergesa-gesa.
  3. Perhatikan dengan baik berbagai syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh pihak asuransi.
  4. Pahami rincian polisnya dan ketahui hal apa saja yang ditanggung oleh pihak asuransi.
  5. Pastikan premi asuransi yang akan Anda bayarkan sesuai dengan kemampuan keuangan Anda.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s