Keuntungan Dan Kerugian Dalam Pembelian Emas Secara Kredit

Logam mulia yang berjenis emas memang dari dulu sampai sekarang bisa dibilang paling banyak dipilih untuk investasi . Hal tersebut memang sudah terbukti sejak zaman dahulu emas sudah dikenal sebagai salah satu barang berharga yang pantas untuk dijadikan sebagai suatu bentuk kekayaan untuk memperlihatkan status sosial seseorang . Bukan hanya bentuk nya yang indah dan menawan saja , namun dari segi bisnis investasi emas memang sangat berpotensi untuk mendapatkan keuntungan yang besar .

emas

Seperti yang kita ketahui, emas memang merupakan bentuk investasi yang sangat mudah untuk dicairkan, bila sewaktu-waktu dalam kondisi darurat pemiliknya memerlukan sejumlah dana tunai. Tidak berhenti sampai disitu , harga emas juga bisa dikatakan cukup stabil dan bahkan cenderung mengalami peningkatan dari masa ke masa . Oleh karena itu , sebagian besar orang mempunyai anggapan bahwa berinvestasi dalam bentuk emas memilki prospek yang menjanjikan .

Untuk saat ini , investasi emas bukan lagi hanya dilakukan dalam bentuk sejumlah perhiasan saja, karena hal ini sudah mulai dianggap cukup merepotkan dan cenderung memiliki sejumlah risiko yang cukup besar . Kebanyakan orang banyak yang menjalankan investasi emas dalam bentuk batangan, sebab emas batangan dianggap mempunyai banyak keuntungan bila dibandingkan dengan emas dalam bentuk perhiasan. Disamping itu , harga jual kembalinya yang cukup stabil dan emas batangan juga dianggap lebih mudah dan aman untuk disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama .

Selama puluhan tahun terakhir, pemerintah memberikan kemudahan untuk masyarakat luas agar dapat melakukan investasi dalam bentuk emas batangan. Lewat PT. Aneka Tambang atau Antam , pemerintah memberikan layanan penjualan dan juga pembelian emas batangan mulai dari yang paling kecil, yaitu sekitar 1 gram sampai yang paling besar . Hal tersebut tentu mempermudah masyarakat dalam melakukan investasi dalam bentuk emas batangan, di mana investasi bisa dilakukan walau hanya dengan dana yang bisa dibilang cukup minim .

Tidak hanya lewat PT. Antam saja , emas batangan juga dapat dibeli di PT. Pegadaian dan juga toko emas tertentu, bahkan bisa juga di beberapa bank yang memberikan layanan tersebut. Kebanyakan masyarakat malah memilih untuk membeli emas pada beberapa tempat tersebut, karena mereka akan lebih mudah mencari dan mengunjungi tempat-tempat tersebut, terutama untuk mereka yang tinggal di daerah bukan di kota besar .

Untuk yang mempunyai sejumlah dana yang mencukupi, membeli sejumlah emas secara bersamaan dalam bentuk tunai tentu tidak akan menjadi masalah. Hal tersebut bahkan akan menguntungkan, karena bisa saja nilai investasi tersebut akan mengalami kenaikan dalam kurun waktu singkat . Emas merupakan salah satu bentuk investasi yang nilainya jarang mengalami penurunan, oleh karena itu tidak ada salahnya melakukan investasi emas dalam jumlah yang lumayan besar .
Semakin tingginya minat masyarakat terhadap investasi emas, membuat berbagai tempat penjualan emas juga memberikan layanan tambahan terkait dengan hal tersebut. PT. Pegadaian dan juga berbagai bank lainnya yang menyediakan layanan investasi emas batangan memberikan layanan pembelian secara kredit terhadap emas tersebut. Dengan demikian , siapa saja dapat berinvestasi dalam bentuk emas dengan mudah, bahkan PT. Pegadaian memberikan layanan ini dengan nilai cicilan yang lumayan kecil. Pembelian dalam bentuk kredit ini tentu banyak peminat sebab hal ini sangat menguntungkan , terutama bila selama ini anda memang mempunyai halangan dalam membeli sejumlah emas secara tunai sebab harganya yang sangat tinggi.

Namun meski begitu , hal tersebut tetap perlu untuk dipertimbangkan secara matang . Karena selain kemudahan dan juga keuntungan tersebut pembelian dalam bentuk kredit juga akan mengalami sejumlah kerugian lainnya. Jangan sampai anda yang awalnya berniat untuk melakukan investasi, malah mengalami sejumlah kerugian dari kegiatan tersebut. Berikut ini akan saya sampaikan beberapa keuntungan serta kerugian pembelian emas dalam bentuk kredit yang bisa digunakan untuk bahan pertimbangan sebelum membelinya :
Pertama dari segi Keuntungan

1. Dapat dibeli walau hanya mempunyai dana yang terbatas

Beda halnya dengan pembelian secara tunai yang akan membutuhkan sejumlah dana yang bisa dibilang cukup besar, pembelian secara kredit malah dapat dilakukan dengan sejumlah dana yang terbatas . Bahkan anda dapat menyesuaikan sejumlah cicilan tersebut dengan kemampuan keuangan anda sendiri. Hal tersebut akan sangat mempermudah anda dalam mengatur keuangan dan juga kebutuhan lainnya yang perlu dipenuhi secara rutin.

2. Dapat dijadikan untuk jaminan

Saat anda melakukan kredit emas di pegadaian dan sewaktu-waktu anda memerlukan sejumlah dana darurat, maka emas tersebut dapat digadaikan walaupun cicilannya belum terlunasi sepenuhnya. Pihak pegadaian akan menghitung besaran dana yang dapat anda peroleh dan juga besaran cicilan yang baru yang akan anda bayarkan setiap bulannya.

3. Disimpan di tempat yang aman

Hal ini akan membuat anda merasa nyaman dan tidak perlu khawatir dengan berbagai macam risiko kehilangan yang bisa terjadi kapan saja , karena selama dalam masa kredit yang anda lakukan, emas tersebut akan disimpan dengan aman oleh pihak pegadaian atau bank tempat anda membelinya.
Kedua dari segi Kerugian

1. Adanya biaya tambahan

Pembelian emas secara kredit, maka akan dikenakan sejumlah biaya tambahan yang tentu saja akan disesuaikan berdasarkan ketentuan di mana anda membeli emas tersebut. Sama halnya dengan pembelian kredit lainnya, biaya tersebut umumnya berbentuk biaya administrasi, biaya bunga, dan juga biaya lainnya yang dipotong oleh pihak pemberi kredit.

2. Terjadinya fluktuasi kapan saja

Kenaikan dan penurunan harga emas tentu dapat terjadi kapan saja , termasuk selama anda melakukan pencicilan emas dalam bentuk kredit tersebut. Bisa saja anda mencicilnya saat harga emas sedang tinggi dan saat anda selesai melunasinya bahkan bisa saja harganya sedang turun drastis di pasaran.

3. Emas ditahan sampai cicilan lunas

Selama masa cicilan pembelian secara kredit berlangsung, tentu emas akan berada di tangan pihak pegadaian maupun bank. Hal ini akan berlangsung sampai anda dapat melunasi semua cicilan emas tersebut.

4. Menunggak cicilan

Dalam pembelian emas secara kredit, anda tentu akan mempunyai risiko gagal bayar terhadap cicilan tersebut yang bisa saja akan membuat anda menunggak sejumlah cicilan serta gagal dalam melakukan pelunasan. Apabila hal tersebut sampai terjadi, maka pihak pegadaian atau bank akan melakukan penyitaan yang kemudian akan dilanjutkan dengan pelelangan untuk melunasi sejumlah cicilan hutang anda tersebut.

Emas dari dulu sampai sekarang memang menjadi salah satu investasi yang paling banyak diminati . Hal tersebut bahkan banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat, bahkan mereka yang mempunyai sejumlah dana yang cukup besar. Harganya yang memang cukup tinggi membuat sebagian orang memilih untuk membeli emas dengan cara kredit, tentu hal ini akan dapat dilunasi dengan cicilan bulanan dan juga biaya yang lain . Pembelian emas secara tunai maupun kredit, masing-masing memang mempunyai keuntungan dan kerugian, oleh karena itu akan lebih baik bila mempertimbangkan dan memilih jenis pembelian yang paling tepat untuk keuangan anda pribadi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s